Profesi yang Berhubungan dengan Media Sosial dan Peran2 nya

Di zaman yang serba maju ini media sosial seperti sudah menjadi kebutuhan primer. Di mana yang kita ketahui hampir semua kegiatan memerlukan yang namanya sosial media, sehingga membuat fungsi sosial media ini semakin luas seperti misalnya untuk berkomunikasi, hiburan, menciptakan eksistensi, sampai bisa mengembangkan bisnis. Menyadari fakta ini, maka kita juga tidak bisa mengelak lagi, jika sosial media merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan untuk mencari keuntungan. Sehingga saat ini pun profesi yang berhubungan dengan sosial media dan peran2 nya, kerap diincar oleh generasi milenial.

Perkembangan media sosial memang sangat pesat membuat profesi-profesi yang berhubungan dengan media sosial kerap menjadi incaran generasi milenial. Sebab menurut kebanyakan generasi sekarang, peran profesi di balik sosial media itu sangat penting untuk mengembangkan berbagai macam sektor bisnis. 

Tidak hanya itu, biasanya orang-orang yang berada di balik kesuksesan berbagai macam brand atau pun pelaku seni tidak lepas dari peran mereka yang bekerja sebagai orang-orang yang mengontrol sosial media. 

Bagi Anda yang tergiur untuk menjadi salah satu dari mereka yang berperan penting dalam promosi berbagai macam hal di sosial media, maka berikut ini akan diberikan daftar pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media yang mungkin cocok untuk anda sebagai generasi milenial. Apa saja?

Beberapa profesi yang berhubungan dengan sosial media dan peran2 nya

Di zaman sudah digital seperti sekarang ini, Anda pasti setuju bahwa sosial media menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Manfaat media sosial pun juga semakin berkembang, terutama dalam sektor bisnis sebab sosial media mampu digunakan sebagai lahan mencari pundi-pundi rupiah.

Menurut data Flagship sosial, ada sekitar 93% milenial saat ini memiliki smartphone dan 86% lainnya menggunakan media sosial sebagai sarana hiburan mereka. Jika melihat persentase tersebut, bisa dikatakan bahwa milenial memiliki kecocokan untuk berkarir di bidang yang berhubungan dengan media sosial. 

Saat ini pun, pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial semakin eksis dan diidam-idamkan oleh banyak orang. Bagi Anda ingin tahu profesi yang berhubungan dengan media sosial dan peran2 nya, berikut akan diberikan daftar profesi yang mungkin cocok untuk Anda sebagai generasi milenial nantinya. 

  1. Sosial media spesialis

Pernahkah Anda mendengar tentang profesi yang satu ini? Tentu bagi sebagian di antara Anda sudah tidak asing lagi dengan profesi sosial media spesialis. Profesi ini adalah profesi yang memiliki tanggung jawab untuk menyusun strategi media sosial bagi suatu brand. 

Tugas dari sosial media spesialis ini adalah melibatkan dan membangun rencana yang mana harus sesuai dengan visi misi serta tujuan perusahaan, menyusun taktik untuk mencapai tujuan tersebut serta mengoptimalkan jaringan media sosial yang berbeda-beda. 

Untuk menjalankan tugasnya tersebut, seorang social media spesialis memiliki tanggung jawab untuk membuat serta menerbitkan konten di berbagai macam platform media sosial seperti misalnya Instagram, Twitter, Facebook, Tik Tok, dan masih banyak lagi untuk menarik perhatian banyak audience serta meningkatkan penjualan. 

Untuk tugasnya sendiri, sosial media spesialis ini bervariasi, tergantung dengan tujuan perusahaan yang mereka tempati.  

Namun secara umum seseorang yang berprofesi sebagai sosial media spesialis ini, memiliki tanggung jawab, seperti mengembangkan dan mengelola strategi sosial media, merencanakan, membuat serta mempublikasi berbagai macam konten baru setiap hari demi membangun hubungan kepada pelanggan, berkolaborasi dengan tim penjualan dan pemasaran untuk membuat kampanye di media sosial, selalu update dengan praktik dan teknologi terbaik terhadap sosial media baru, memantau SEO serta keterlibatannya dengan pelanggan. 

  1. Community developer officer

Profesi yang berhubungan dengan media sosial dan peran-perannya selanjutnya adalah community developer officer. Seseorang yang berposisi sebagai community developer officer ini memiliki tanggung jawab yakni untuk memperluas jangkauan pasar melalui pendekatan komunitas tertentu. Cara seperti ini sering dinilai lebih efisien, dibanding dengan perusahaan harus mempromosikan secara konvensional dengan mendatangi pasar secara Individual.

Di dalam menjalankan tugasnya, community developer officer ini kerap memanfaatkan berbagai macam platform sosial media untuk membuat kemitraan, berbagi informasi, dan juga berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait dalam bidang ini.  

Tugas sehari-hari seorang community developer officer ini seperti misalnya bekerja pada proyek yang menangani berbagai macam isu spesifik seperti kesehatan, masyarakat, transportasi umum, limbah plastik, dan lain-lain, memiliki tujuan untuk selalu berusaha melibatkan masyarakat dalam memahami isu-isu yang terjadi di sekitar mereka, menetapkan tujuan untuk perbaikan, mengidentifikasi keterampilan, masalah kebutuhan masyarakat dan juga aset masyarakat, menciptakan hubungan dengan kelompok dan juga lembaga lain. Dan masih banyak lagi tugas dari community developer officer yang berhubungan dengan layanan terhadap masyarakat. 

  1. Desain grafis

Jika Anda adalah seorang yang memiliki keterampilan desain grafis, maka Anda bisa memiliki kesempatan untuk bekerja di bidang sosial media. 

Seseorang yang memiliki profesi sebagai desain grafis, bertanggung jawab untuk mendukung konten di media sosial agar konten tersebut lebih menarik serta bisa dilihat oleh banyak pengguna media sosial. 

Contohnya saja seperti infografik atau gambar-gambar lainnya yang kerap di posting berbagai macam brand untuk menarik audiens. Itu semua adalah hasil karya dari seorang yang berprofesi sebagai desain grafis. Jika Anda ingin menjadi seorang desain grafis, maka Anda harus memiliki kemampuan untuk memvisualisasikan tulisan untuk menjadi bentuk 2D ataupun 3D.

  1. Content Writer

Profesi yang berhubungan dengan media sosial dan peran2 nya selanjutnya adalah content writer. Jika Anda pernah melihat konten dari akun media sosial suatu perusahaan, brand, instansi pemerintah, atau influencer, maka konten tersebut biasanya diisi oleh seorang content writer. 

Seorang yang berprofesi sebagai content writer, bertanggung jawab untuk mengisi setiap konten di sosial media. Skill yang dibutuhkan sebagai seorang content writer adalah kreativitas dan menulis agar di setiap unggahan konten yang ada di sosial media bisa menarik perhatian para pengguna sosial media. 

Selain itu, seorang content waiter juga harus mampu melakukan yang namanya riset seperti reset trend yang sedang naik di sosial media.


Posted

in

by

Tags: