8 Stadion Megah Qatar di Piala Dunia 2022

Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar tampaknya tak main-main dalam memberikan berbagai fasilitas lengkap nan super mewah dalam menyemarakan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Wajar saja, dengan anggaran sebesar USD 220 miliar Qatar mampu membuktikan kepada dunia jika negara kecil tersebut mampu menjadi host country pesta olahraga sepakbola sekelas Piala Dunia.

Mulai dari dana kampanye pencalonan sampai dengan penunjukan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 dalam kongres Piala Dunia 2010 silam sebesar Rp 15,4 triliun.

 

Belum lagi setiap pekannya, Qatar menggelontorkan USD 500 juta untuk belanja pembangunan berbagai mega proyek infrastruktur seperti hotel, jalan hingga peningkatan bandara.

 

Termasuk mempersiapkan venue stadion tempat berlangsungnya laga pertandingan untuk total 32 tim yang berpartisipasi dalam Piala Dunia 2022.

 

Stadion yang disediakan tak tanggung-tanggung ada sebanyak 8 stadion. Dari total 8 stadion tersebut bahkan ada yang untuk sekali pakai lho sahabat Bonanza88.

 

Nah, penasaran kan stadion apa saja yang digunakan dalam laga pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar ? Mari simak di bawah ini :

  1. Stadion Khalifa International

Stadion yang mampu menampung sebanyak 40.000 penonton ini menjadi tempat berlangsungnya enam laga babak penyisihan yaitu 1 di 16 besar, dan juga laga pertandingan untuk babak tiga besar Piala Dunia 2022.

Sebelum digunakan venue pertandingan Piala Dunia 2022, Stadion Khalifa International menjadi stadion utama Qatar yang mana tempat berlangsungnya Piala Teluk sejak tahun 1976 silam.

Sama seperti stadion-stadion lainnya yang direnovasi besar-besaran sejak Qatar terpilih host country Piala Dunia 2022 yang dimulai sejak tahun 2014, dan selesai pada musim panas 2017.

Kemudian renovasi dilanjutkakn kembali pada tahun 2019 dimana merubah Stadion Internasional Khalifa menjadi sebuah arena untuk penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Atletik IAAF 2019.

  1. Education City Stadion

Stadion ini memiliki kapasitas sebanyak 45.000 bangku penonton yang dipakai dalam 7 laga, diantaranya sebanyak 5 untuk babak grup, 1 laga di babak 16 besar serta 1 untuk di babak perempat final Piala Dunia 2022.

Terletak di di ibu kota Qatar, Doha. Education City Stadion ini mendapat julukan sebagai “Diamond in the dessert” karena memiliki desain fasad bangunan segitiga di mana membentuk sebuah pola cantik berlian yang bisa berubah warna mengikuti pergerakan matahari.

Seperti namanya, Education City Stadion berdiri karena berada dalam satu kawasan yang dikelilingi berbagai fasilitas akademik. Oleh karena itu pembangunan stadion sangat memperhatikan aksesibilitas pengunjung.

 Diketahui, dalam proses pembangunan Education City Stadion pihak eskavator sendiri menempukan berbagai bebatuan berusia tua yang diprediksi berumur 20-30 juta tahun.

Oleh karena itu, membuat para pekerja harus ekstra hati-hati untuk bisa mnegeluarkan bebatuan tersebut dan juga menggali tanah jauh lebih dalam lagi untuk pembangunan arena lapangan. 

Namun begitu ada sisi baiknya juga, karena jika Anda berada di dalam stadion akan merasa dingin lantaran berada sekitar 17 meter di bawah permukaan laut.

Sebelum digunakan sebagai stadion piala dunia, Education City Stadion sendiri menjadi salah satu tempat laga pertandingan dalam Piala Dunia Antarklub FIFA 2020.

Di mana, karena imbas pandemi Covid-19 maka dimainkan pada awal 2021. Antara lain sebagai tuan rumah dalam berlangsungnya babak final antara Bayern Munich dan Tigres UANL (1-0) .

  1. Al-Thumama Stadion

Stadion yang berjarak 12 kilometer dari pusat Kota Doha menjadi venue untuk laga pertandingan di babak grup, 16 besar dan juga babak perempat final Piala Dunia 2022.

Al-Thumama Stadion dapat menampung sekitar 40 ribu kursi penonton yang mana separuh bangkunya akan turut disumbangkan ke negara lain selepas Piala Dunia berakhir.

Jika menilik desain bangunan, stadion ini  mempunyai bentuk yang cukup unik.  Di mana, fasad bangunan terinspirasi dari sebuah bentuk taqiyah yakni penutup kepala yang kerap dikenakan laki-laki muslim di daerah-daerah Arab.

  1. Stadion 974 

Stadion yang terletak di ibu kota Qatar yakni Doha ini berkapasitas 40.000 bangku penonton yang dipakai dalam 5 laga di babak grup dan juga 1 laga pertandingan di babak 16 besar.

Pasti sahabat Bonanza88 heran yan dengan penamaan angka pada stadion. Menurut beberapa sumber Stadion 974 dibangun dari sebanyak 974 kontainer. Ada juga yang menyebut angka 974 merupakan sebuah kode panggilan internasional milik negara Qatar.

Melihat desain bangunan, Stadion 974 mempunyai desain paling inovatif di mana Anda bisa melihat dari warna-warni kontainer bekas yang dipakai sebagai sebagai bangku tribun penonton. 

Melihat material yang dipakai, setelah Piala Dunia berakhir maka pemerintah setempat akan membongkar untuk selanjutnya dipakai sebagai infrastruktur tepi pantai untuk masyarakat sekitar.


Posted

in

by

Tags: